Dasar Hukum Qurban dalam Islam

Untuk melaksanakan ibadah kurban apakah wajib atau sunah? Hukum qurban dalam Islam merupakan wajib bagi yang memiliki harta yang lebih. Berkurban juga salah satu ketentuan atau syariat dari agama Islam yang sudah selayaknya dilaksanakan oleh seluruh umat muslim di dunia ini. Kurban yaitu memberikan hewan ternak seperti sapi, kerbau, domba, kambing, ataupun unta untuk disembelih di hari raya Idul Adha. Sebelum pelaksanaan hari raya Idul Adha biasanya banyak pedagang banyak menjual hewan kurban yang murah di pasaran.

Setiap tahunnya kita merayakan hari Raya Idul Adha. Dari adanya hukum qurban dalam Islam ini sebaiknya dilakukan oleh umat muslim, karena salah satu ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Manfaat lainnya adalah menjadi ladang rezeki untuk para pedagang atau peternak. Banyak sekali peternak yang menjual hewan kambing dan sapi yang murah yang sudah menjadi hewan kurban favorit khususnya di negara Indonesia. Pembelian hewan kurban juga dijadikan sebagai rutinitas setiap tahun. Untuk itu banyak pedagang yang mulai berbisnis untuk menjual kambing kurban yang murah untuk dijualkan setiap tahunnya.

Untuk hukum qurban dalam Islam yang mewajibkan bagi umat muslim yang mampu ini juga tak lupa mengingatkan beberapa dasar hukum qurban, bahwa hewan kurban yang dipilih untuk disembelih memiliki persyaratan tertentu.

Ciri-ciri hewan kurban yang baik seperti apa. Berikut beberapa syarat kambing atau hewan kurban yang baik dan sah menurut syariat Islam yaitu:

  • Hewan yang dikurbankan merupakan binatang ternak seperti kambing, domba, sapi, dan unta.
  • Hewan kurban harus bebas dari adanya cacat sedikitpun, misalnya seperti hewan ternak yang buta, pincang, kurus, sakit, dan lain-lain tidak diperbolehkan untuk dikurbankan.
  • Hewan kurban memiliki hak milik dari seseorang yang telah menyerahkannya untuk berkurban atau yang telah di izinkan untuk berkurban dengannya. Tidak syah jika hasil hewan kurban dari hasil mencuri atau merampok, kecuali sudah mendapatkan ijin dari orang yang berkurban tersebut.
  • Hewan kurban tidak memiliki urusan dengan hak orang lain. Hewan kurban tidak akan sah jika hewan tersebut adalah hewan gadai atau warisan, kecuali jika warisannya sudah dibagikan.
  • Hewan kurban harus mencapai usia yang cukup, jika di Indonesia biasanya memilih hewan kambing atau domba sebaiknya memilih yang sudah berumur satu tahun penuh, dan untuk sapi minimal sudah berusia dua tahun.
  • Dalam menyembelih hewan kurban harus sesuai dengan syariat Islam yaitu setelah sholat Idul Adha. Jika dilakukan sebelum atau sesudah waktu yang telah ditentukan maka tidak sah.

Nah, itulah beberapa dasar hukum qurban dalam Islam yang mewajibkan seluruh umat muslim yang mampu untuk melakukan kurban. Sebagai umat muslim, kita sudah sepantasnya untuk mengikuti syariat-syariat yang diajarkan oleh agama Islam. Salah satunya adalah untuk melakukan ibadah kurban dengan syarat atau ketentuan seperti di atas itu. Sebenarnya kurban merupakan bukanlah hal yang wajib dilakukan oleh semua orang, namun wajib bagi mereka umat muslim yang mampu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *